Mengurus Surat Masuk dan Surat Keluar
Mengurus
Surat Masuk dan Surat Keluar
Sistem Buku Agenda
Pengertian Buku Agenda
Buku
Agenda adalah suatu buku yang digunakan untuk mencatat surat masuk dalam satu
tahun yang diterima oleh suatu kantor. Ada 3 macam buku agenda, yaitu :
- Buku Agenda Tunggal
Digunakan untuk mencatat surat masuk maupun surat keluar sekaligus dengan nomor yang berurutan dalam satu halaman dan hanya digunakan dalam satu tahun.
Klik
gambar agar terlihat lebih jelas.
- Buku Agenda Kembar
Buku agenda yang surat masuk dan keluarnya dicatat terpisah atau sendiri-sendiri. Surat masuk disebut Buku Agenda Surat Masuk, sedangkan untuk Surat keluar disebut Buku Agenda Verbal.
Klik
gambar agar terlihat lebih jelas.
- Buku Agenda Berpasangan/Berganda
Buku yang digunakan untuk mencatat surat masuk dan keluar dalam satu buku, dimana halaman sebelah kiri untuk surat masuk dan sebelah kanan untuk surat keluar atau sebaliknya. Dilakukan dengan penomoran sendiri-sendiri.
Mengurus Surat Masuk Sistem Buku Agenda
Pengurusan
surat masuk sistem buku agenda dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah
berikut ini.
- Penerimaan Surat
Penerimaan surat dilakukan oleh petugas penerima surat atau resepsionis, bisa juga satpam kantor.
- Penyortiran Surat
Surat yang diterima selanjutnya disortir menurut jenis surat (dinas biasa, penting, rahasia, dan pribadi).
- Pencatatan Surat
Pencatatan berguna untuk memudahkan penyimpanan dan penemuan kembali surat. Pencatatan surat masuk sistem buku agenda diawali dengan membuka surat, membaca isi surat (jika surat rahasia maka dilarang untuk membaca isinya lebih lanjut), Surat langsung diberikan ke alamat tujuan. Setelah dicatat, diberi stempel, kemudian melampirkan lembar disposisi untuk mencatat instruksi.
- Pengarahan Surat
Dilakukan oleh pimpinan organisasi dengan menulis instruksi menggunakan lembar disposisi.
Lembar Disposisi adalah lembar isian untuk mencatat nstruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak lanjut dari surat yang diterima.
Klik gambar agar terlihat lebih jelas.
- Penyampaian Surat
Menggunakan buku ekspedisi sebagai tanda terima surat. Ada 2 macam yaitu Buku Ekspedisi Intern (dalam lingkungan perusahaan sendiri) dan Buku Ekspedisi Ekstern (untuk penyampaian pihak luar perusahaan).
- Penyimpanan Surat
Kegiatan menyimpan surat dengan menggunakan sistem tertentu.
Mengurus
Surat Keluar Sistem Buku Agenda
Prosedur
pengurusan surat keluar dengan buku agenda dapa dilihat dalam bagan berikut.
Klik
gambar agar terlihat lebih jelas.
Sistem Kartu Kendali
Pengertian Kartu Kendali
Kartu Kendali adalah lembar isian yang digunakan untuk pencatatan,
penyampaian, dan penyimpanansurat masuk dan surat keluar.Keuntungan menggunakan
kartu kendali diantaranya:
- Lebih efisien digunakan.
- Dapat membedakan jenis suratnya, karena lembar yang digunakan setiap jenis surat berbeda.
- Dapat menghilangkan penatatan berulang.
- Memudahkan pelacakan lokasi surat yang sedang dalam proses.
- Memudahkan dalam penyusunan arsip.
- Memudahkan inventarisasi dan penilaian arsip.
Berikut
adalah contoh kartu kendali
Klik agar terlihat
lebih jelas.
Mengurus
Surat Masuk Sistem Kartu Kendali (Surat
Penting)
- Penerimaan
- Pencatatan
- Pengarahan
- Penyampaian Surat
- Penataan Arsip
Mengurus
Surat Keluar Sistem Kartu Kendali (Surat
Penting)
- Pembuatan surat di unit pengolah
- Pencatatan surat
- Pengarahan surat
- Penataan surat
- Pengiriman surat
Mengurus Surat
Masuk dan Keluar jenis biasa dan rahasia menggunakan lembar pengantar.
Penyimpanan dan Penemuan Kembali Surat
Tujuan
Penyimpanan
- Sebagai referensi apabila organisasi membutuhkan informasi atau keterangan tertentu.
- Memberikan data/informasi kepada pimpinan yang dapat digunakan sebagai alat pengambilan keputusan.
- Memberi keterangan-keterangan vital bagi organisasi misalnya sebagai bukti dengan ketetuan hukum.
Prosedur
Penyimpanan Surat
- Pengumpulan warkat
- Memeriksa tanda-tanda pelepas (Release Mark)
- Penetapan indeks
- Pemberian kode
- Penyortiran
- Penyimpanan dan penataan waktu
- Pemeliharaan arsip
Prosedur
Penemuan Kembali Arsip
- Menentukan kode surat
- Mengambil arsip dari tempat penyimpanan dan mengganti dengan bon peminjaman (Out Slip/Out Sheet) bila yang dipinjam hanya satu lembar arsip. Jika dipinjam satu folder maka harus pula dibuatkan out foldernya.
Demikian rangkuman saya kali ini mengenai bab 3 "Mengurus Surat Masuk dan Surat Keluar" perlu diingat rangkuman ini adalah murni rangkuman saya dari buku Kearsipan bidang keahlian bisnis dan manajemen (program keahlian administrasi) untuk SMK/MAK Peminatan (C2) XB. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan artikel ini. Selalu kunjungi Blog adinsideas.blogspot.com and Thank you <3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar